Minggu, 04 Desember 2011

[Harus Tau] Kenapa dilarang pakai handphone di SPBU

Kita sering melihat di SPBU tentang larangan menggunakan HP pada saat di SPBU. Banyak dari kita yang tidak tahu kenapa itu dilarang dan masih nekat mengoperasikan atau mengaktifkan atau menggunakan telepon genggam ketika mobil/sepeda motor sedang mengisi bahan bakar di SPBU. Padahal hal tersebut sangat membahayakan. Nah, karena saya penasaran, maka googling sama om google. Sekarang kita bahasa kenapa alasan nya.
Nah, Sebelum ke penjelasan lebih lanjut, jom mari sama sama kita liat video ini:
 
 

Sudah liat video nya kan?? Mari simak penjelasan ini:
Menurut Victorian Automobile Chamber of Commerce (VACC), peralatan-peralatan yang beroperasi menggunakan baterei dapat menyebabkan percikan api sehingga bisa membakar uap bahan bakar yang masuk ke tangki mobil.hal ini sangatlah beresiko pada keselematan pengguna dan karyawan serta orang disana.

Listrik statis merupakan penyebab umum dari kebakaran. Itulah sebabnya para pengendara dan petugas SPBU di Victoria diwajibkan mengikuti peringatan VACC demi keselamatan bersama. Bahkan, SPBU-SPBU di sana telah memasang stiker larangan pengaktifan telepon selular.

“Kita tak boleh lupa bahwa SPBU tempat yang memiliki potensi bahaya dan ketika mengisi BBM adalah aktivitas yang mempunyai potensi bahaya,” kata David Purchase, Executive Director VACC. Purchase juga mengakui masih banyak pengendara mobil dan sepeda motor yang mengabaikan larangan ini. “Ini adalah masalah serius. Para pengendara, produsen handphone dan SPBU harus menganggap serius perkara ini.”

Nah, secara Teori tentang bagaimana itu bisa terjadi bisa baca penjelasan berikut.

Handphone (HP) adalah alat elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi, dan yang namanya alat elektronik itu pasti mengeluarkan bunga api (sekecil apapun bunga apinya…). Analogi dari bunga api dapat kita coba ketika korek api digesekkan ke pinggir bungkus-nya (yang warna coklat…), sehingga menimbulkan api. Untuk HP sendiri, percikan bunga api sangat kecil (1 mikron = 1/100 mm).
Bunga api terjadi di kumparan di antena HP (pokoknya bagian HP yang paling atas…) dan pijaran LED (Light Emitting Diode, lampu yang sangat kecil ). 
LED yang dijual sebenarnya memiliki bungkusan filament yang menutupi pijaran filament LED. Tetapi, yang di LED yang digunakan pada HP tidak terbungkus bungkusan filament alias telanjang…!! (Bungkusan filament = seperti kaca pada lampu rumah biasa).
Sebenarnya, percikan bunga api sebesar 1 mikron tidak cukup kuat untuk menyulut bensin di udara terbuka (Bensin = C4H8..alkana…, benerin yah kalo ane lupa, hehe). Namun, cukup kuat untuk menyambar udara SPBU yang sangat jenuh, atau udara SPBU sudah terlalu banyak dengan uap bensin.

Kalo mau berekperimen ttg ini, nih silakan buka video berikut




Sumber: 

0 komentar:

Twitter Facebook Favorites More

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...